Universitas Kristen Immanuel
Akreditasi Institusi B
"Integrity & Creativity"
Lokasi UKRIM
News

Studi Banding Program Studi Teknik Sipil ke Bandung

Posting : Selasa, 23/04/2019

Pada tanggal 31 Maret – 2 April 2019 mahasiswa program studi Teknik Sipil Universitas Kristen Immanuel melaksanakan kegiatan study tour ke Bandung. Kegiatan study tour ini diikuti oleh 42 mahasiswa dan 4 dosen pendamping. Kegiatan diawali dengan kunjungan ke beberapa obyek wisata di daerah Bandung dan sekitarnya, diantaranya adalah obyek wisata Tangkuban Perahu, Floating Market dan Farm House.

Tanggal 2 April 2019 rombongan melaksanakan kunjungan pertama ke PUS LITBANG AIR (Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air). Disana rombongan disambut dengan baik oleh Kepala Pusat LITBANG AIR Dr. Eko Winar Irianto, M.T. beserta jajarannya. Mahasiswa diberikan penjelasan singkat tentang ruang lingkup sumber daya air. Pada momen tersebut juga dilaksanakan penyerahan plakat dari Prodi Teknik Sipil UKRIM yang diwakili oleh ibu M. Agustina Morib S.T., M.Eng. kepada kepala PUSAIR. Selanjutnya mahasiswa diajak mengunjungi laboratorium yang ada di PUSAIR dan diberikan penjelasan serta kesempatan untuk bertanya mengenai berbagai peralatan yang ada di laboratorium. Tak lupa PUSAIR juga membagikan jurnal tentang sumber daya air kepada mahasiswa.

Kunjungan berikutnya adalah PUPR/PUSKIM (Pusat LITBANG Perumahan dan Pemukiman) Bandung. Pada kunjungan yang kedua ini rombongan juga disambut sambut baik oleh Kepala Seksi Layanan, Bapak Rachmat Pramudji, S.S.T, MT. Mahasiswa diberikan pengenalan singkat tentang PUSKIM melalui video singkat dan dilanjutkan kunjungan ke laboratorium Bahan Bangunan dan Laboratorium Struktur, disana mahasiswa diberi penjelasan mengenai alat dan bahan yang digunakan Lab. PUSKIM. Mahasiswa juga diajak melihat teknologi rumah RISHA (Rumah Instan Sederhana dan Sehat) dan diberi penjelasan detail mengenai teknologi pengembangan RISHA. Pihak PUSKIM memberikan beberapa pertanyaan kepada mahasiswa dan menyediakan doorprise bagi mahasiswa yang mampu menjawab pertanyaan dari mereka.

Dari beberapa kunjungan yang telah dilaksanakan, diharapkan kegiatan study tour ini dapat menambah wawasan mahasiswa tentang penelitian dan pengembangan di bidang ilmu Teknik Sipil secara langsung serta memperkenalkan dunia kerja bagi mahasiswa yang sesuai dengan jurusan.

Universitas Kristen Immanuel
Jl. Solo Km 11,1
Yogyakarta
(0274)496256.
humas@ukrimuniversity.ac.id