Universitas Kristen Immanuel
Akreditasi Institusi B
"Integrity & Creativity"
Lokasi UKRIM
News

UKRIM Membuka Program Studi Farmasi

Posting : Rabu, 03/04/2019
Universitas Kristen Immanuel (UKRIM) membuka Program Studi (Prodi) Farmasi Program Sarjana setelah memperoleh izin pelaksanaan dari Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) melalui SK Nomor 172/KPT/I/2019. Pernyataan dari pengelola Prodi Farmasi serta kata-kata sambutan dalam upacara penyerahan SK perlu disimak untuk mendapatkan bayangan betapa dalam dan luasnya pemikiran yang telah dituangkan dan terus menerus dikembangkan untuk program yang baru ini.
Fakultas Farmasi sebagai pengelola Prodi Farmasi di UKRIM didirikan dengan impian menghasilkan milenial, hospitality, and entrepreneurial pharmacist, demikian pernyataan dari Bp. Didiek Hardiyanto Soegiantoro, S.Si., M.Th., M.Si., Apt., selaku pimpinan prodi. Apoteker keluaran Fakultas Farmasi UKRIM diharapkan memiliki passion sebagai farmasis komunitas dengan wawasan luas karena mereka mumpuni dalam memanfaatkan teknologi informasi tanpa mengurangi kompetensinya di bidang industri farmasi. Mereka juga diharapkan memiliki keunggulan kapasitas dan kapabilitas dalam praktek pelayanan kefarmasian kepada masyarakat.  Fakultas Farmasi UKRIM berkomitmen untuk menyediakan apoteker di seuruh wilayah Indonesia, dengan prioritas pertama di wilayah yang belum mendaptakan pelayanan kefarmasian. Namun, tidak dapat dipungkiri, kalau wilayah tersebut memiliki tingkat kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi yang juga rendah. Oleh sebab itu Prodi Farmasi UKRIM membekali lulusannya dengan kemampuan entrepreneurship,  sehingga mereka jeli melihat peluang bahan alam yang dapat dieksplorasi sebagai bahan obat herbal terstandar, bahkan menjadi fitofarmaka yang memiliki nilai ekonomis tinggi untuk membantu meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

SK Menristekdikti No. 172/KPT/I/2019 tersebut diserahkan dalam upacara sederhana di kampus UKRIM pada hari Senin, 1 April 2019, oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah V, Bp. Dr. Ir. Bambang Supriyadi, CES, DEA, kepada Ketua Yayasan Iman Indonesia, Ibu DR (H.C.) Bonnie Marcelina Amidjaja, M.Th., dan kepada Rektor UKRIM, Bp. Dr. Ir. Samuel Handali, M.Eng. Hadir juga dalam upacara penyerahan ini team staff LLDikti Wilayah V, Ketua Dewan Pembina Yayasan Iman Indonesia, Bp. George Iwan Marantika, MBA, mitra kerja industri Prodi Farmasi UKRIM dari K24, Bp. dr. Gideon Hartono, serta beberapa undangan dari Ikatan Apoteker Indonesia, pimpinan Fakultas Farmasi dari perguruan tinggi di DIY, serta pimpinan Departmen Kesehatan dari beberapa kabupaten di DIY.

Sejalan dengan pernyataan Bp. Didiek Hardiyanto, Bp. George Iwan Marantika mengingatkan para hadirin dalam kata sambutannya, bahwa napas Yayasan Iman Indonesia yang dilaksanakan oleh UKRIM adalah memberikan pendidikan kepada mereka yang terpinggirkan. Bp. George juga menjelaskan bahwa kerja sama dengan industri sangatlah krusial jika kita ingin berkontribusi untuk pencapaian Industri 4.0 yang didengungkan oleh Pemerintah RI. Bp. Bambang Supriyadi dalam kata sambutannya mengajak Prodi Farmasi UKRIM untuk berkompetisi dalam arti saling membantu dan saling memajukan dengan prodi-prodi Farmasi lainnya yang ada di DIY. Bp. Bambang juga memberikan keyakinan, bahwa LLDikti Wilayah V berkomitmen untuk mengawal dan mendukung pelaksanaan dan peningkatan kualitas semua program studi di perguruan tinggi di DIY, dan mendorong UKRIM untuk memanfaatkan semua fasilitas yang disediakan oleh pemerintah.

Memenuhi kebutuhan kefarmasian sebagai bagian dari layanan kesehatan melalui apoteker yang mumpuni melayani di bidangnya, mampu memanfaatkan kemampuan teknologi informasi dan pada saat yang sama memiliki kapasitas entrepreneurship untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia adalah suatu tujuan yang patut diapresiasi dan didukung. Namun dengan memperhatikan bimbingan dari pemerintah melalui LLDikti Wilayah V, tekad dari Yayasan Iman Indonesia untuk melayani seluruh lapisan masyarakat terutama mereka yang tergolong dalam wilayah “3T”, serta “gereget” team pengelola prodi yang mulai menerima mahasiswa baru pada tahun ajaran 2019/2020 ini, sukses Prodi Farmasi UKRIM pada masa mendatang tentunya sangat diharapkan, dan kiprahnya sangat dinantikan.
Universitas Kristen Immanuel
Jl. Solo Km 11,1
Yogyakarta
(0274)496256.
humas@ukrimuniversity.ac.id