Universitas Kristen Immanuel
Akreditasi Institusi B
"Integrity & Creativity"
Lokasi UKRIM
News

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru 2018

Posting : Selasa, 14/08/2018

Seorang mahasiswa baru perlu mengenal nilai-nilai serta perangkat berupa personil,  sistem, mau pun fasilitas di perguruan tingginya supaya dia cepat menyesuaikan diri, mampu memanfaatkan kesempatan-kesempatan, dan berhasil meraih gelar pada saat wisuda. Karena itu UKRIM mengadakan program-program khusus bagi mahasiswa baru pada minggu pertama, dan juga sepanjang tahun pertama mereka berada di kampus. Program Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2MB) dengan tema “Berakar dalam Integritas, Bertumbuh dalam Kreativitas diselenggarakan mulai 30 Juli 2018 selama lima hari sebagai awal dari proses ini bagi mahasiswa baru angkatan 2018. Mahasiswa baru diperkenalkan kepada struktur pengelola, sistem akademik, fasilitas dan prosedur administrasi akademik mau pun umum, organisasi kemahasiswaan, serta diberi pembekalan social dan spiritual. Tidak kalah penting, rasa memiliki para mahasiswa baru juga dikembangkan selama acara ini.

Mahasiswa baru diperkenalkan kepada visi dan misi regu dosen dan staff fakultas dalam acara “Fakultaria” masing-masing fakultas dan wawancara individu oleh team dosen. Mereka juga diperkenalkan kepada visi dan misi team rektorat dalam acara “Universitaria”. Sementara itu pengenalan terhadap kurikulum dan prosedur dalam program studi dipaparkan oleh Kepala Program Studi kepada mahasiswa yang bersangkutan. Beberapa hal penting seperti fasilitas, prosedur, serta sistem seperti sistem administrasi akademik dan keuangan, sistem asuransi, Pusat Teknologi Informasi dan Komputer, fasilitas online, serta data yang diperlukan untuk pendaftaran mahasiswa di PD Dikti dipaparkan oleh berbagai unit fungsional universitas, dan mahasiswa baru diajak keliling kampus untuk mengenal susunan fisik ruang perkuliah dan fasilitas lainnya. Badan Eksekutif Mahasiswa dan Senat Mahasiswa Fakultas juga memperkenalkan kegiatan-kegiatan ekstra kurikuler untuk membekali mahasiswa dengan soft skill. Pembekalan rohani mau pun sosial juga mulai diberikan dalam program ini dalam bentuk pertemuan umum, pertemuan kelompok, serta seminar tentang berpacaran yang sehat dan tentang bahaya narkoba. Selama acara berlangsung, rasa memiliki mahasiswa baru akan komunitas kampus yang baru ini dibangun terus menerus melalui acara bakti kampus, kebersamaan selama retret dua hari satu malam di Kaliurang, dan terutama pada saat para mahasiswa baru bergembira dan bersendagurau ketika mereka saling memamerkan kebolehan dan kreatifitas dalam acara talent show.

Program PK2MB tidak efektif kalau kegiatan ini tidak diikuti oleh pendampingan selama satu tahun ke depan. Karena itu program ini  ditutup dengan kegiatan Welcome Party oleh tim mahasiswa senior yang telah ditugaskan untuk menjadi mentor bagi semua mahasiswa baru selama satu tahun mendatang. Di samping itu beberapa seminar “Fit” (First Year) akan disajikan untuk membekali mahasiswa baru dengan kesadaran, pengetahuan, serta kemampuan dalam menghadapi tantangan-tantangan yang dihadapi mahasiswa. Selamat bergabung menjadi anggota keluarga UKRIM, selamat bekerja, dan selamat menikmati perkuliahan kepada mahasiwa angkatan 2018!

Universitas Kristen Immanuel
Jl. Solo Km 11,1
Yogyakarta
(0274)496256.
humas@ukrimuniversity.ac.id