Universitas Kristen Immanuel
Yogyakarta
"Integrity & Creativity"
Lokasi UKRIM
News

Day Art 2017 dengan tema Mata Nusantara

Posting : Senin, 01/05/2017


Budaya merupakan salah satu kekayaan Bangsa Indonesia. Dari pulau ke pulau, dari suku ke suku mempunyai ciri khas yang berbeda-beda. Inilah yang memperkaya indonesia sebagai bangsa multikultural karena keberagamannya. Budaya amat sangat penting dilestarikan sehingga tidak terabaikan bahkan terlupakan pada era modern sekarang.

UKRIM merupakan miniatur Indonesia yang mana mahasiswa/i yang kuliah di Universitas Kristen Immanuel hampir mewakili seluruh Provinsi di Indonesia, itulah salah satu yang memperkaya kampus UKRIM dengan keberagamannya.

Departemen Kesenian dan Budaya dibawah naungan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UKRIM melaksanakan sebuah kegiatan yang diberi nama “Day Art”. Dimana acara ini bertujuan untuk mengekspose budaya masing-masing suku dari mahasiswa yang kuliah di UKRIM, yang mana hal ini merupakan suatu bentuk untuk menjaga kelestarian budaya agar tetap hidup dan tidak terlupakan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 29 April 2017,  dimulai pada pukul 10.00 pagi sampai Pukul 23.00 malam.  Kegiatan ini melibatkan 4 Fakultas yang ada di UKRIM dan serta 8 suku yang berpartisipasi untuk memamerkan budayanya masing-masing melalui stan dan pagelaran seni diantaranya yakni suku Sumba, Kalimantan, Papua, Jawa, Nias, Batak, Mentawai dan Maluku.

Pada kegiatan “Day Art” tahun ini panitia memberikan tema “Mata Nusantara”. Berdasarkan penjelasan dari Panitia “Mata Nusantara” ini artinya adalah memandang Indonesia seperti apa dari sudut pandang masing-masing suku yang sangat beragam dan itulah kita Indonesia  mata nusantara. Pada kegiatan ini Panitia memperlombakan “Fashion Show” antar Program Studi dari masing-masing Fakultas yang ada di UKRIM dan masing-masing suku menampilkan Tarian khas daerah masing-masing serta beberapa lagu daerah.

Kegiatan yang berlangsung dilapangan olahraga UKRIM ini dihadiri kurang lebih 800 orang yang terdiri dari sebagian besar mahasiswa, Dosen dan Karyawan UKRIM serta masyarakat sekitar UKRIM dan juga mahasiswa dari kampus lain yang ada di Yogyakarta seperti Atma Jaya, UGM, Janabadra dan Sanata Dharma serta kampus-kampus lain. Kegiatan ini berlangsung dengan meriah walaupun cuaca kurang mendukung namun peserta tari dan penonton yang menyaksikan tetap semangat sampai akhir. Harapannya kegiatan ini tetap ada untuk diselenggarakan dari tahun ke tahun sebagai wadah untuk melestarikan budaya agar tak terkikis oleh kemajuan zaman.  

Universitas Kristen Immanuel
Jl. Solo Km 11,1
Yogyakarta
(0274)496256.
humas@ukrimuniversity.ac.id