Universitas Kristen Immanuel
Yogyakarta
"Integrity & Creativity"
Lokasi UKRIM
News

Seminar Forum Marketing FEBIS UKRIM 2016, MEA: Peluang dan Tantangan SDM Indonesia

Posting : Senin, 16/05/2016
Program Diskusi Ilmiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Immanuel Yogyakarta menyelenggarakan seminar Forum Marketing di Auditorium Musik Gereja, Jumat (13/05/2016). Topik yang diangkat panitia kali ini adalah MEA: Peluang dan Tantangan SDM Indonesia. Tujuan diadakannya seminar ini bahwa mahasiswa dapat mengetahui strategi bekerja dengan baik dan bagaimana cara bersaing dengan pekerja asing dalam menghadapi ekonomi ASEAN. Pembicara pertama di datangkan dari Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta, Drs. Untung Sukaryadi, MM (Kepala Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta) dan Pembicara Kedua Drs. Edi Santosa, MBA (Kepala Pusat Ekonomi Global FEBIS UKRIM) dan moderator oleh Dr. Sumato, MA.

Acara Seminar Forum Marketing ini dihadiri oleh Liefson Jacobus, S.Si, M.Sc (WR Bid. Aktifitas Kemahasiswaan dan Pembinaan Kehidupan Asrama.), Drs. Chrisentianus Abdi Saptomo, M.Si. (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Hadi Purnomo, S,E, M.M, M,Si (WD Bidang Akademik), Agus Prasetyanta, MM.,M.Si (WD Bid. Kemahasiswaan), Drs. Edi Santoso, MBA (WD Bid. Administrasi Keuangan), Susi Siswati, SE.,MM (Kaprodi Akuntansi), Lukas Agung, S.E, M.M, dan Jeniwati Coroline Kotte, SE.,M,Si. Acara yang dilaksanakan di AMG ini diawali dengan Doa pembukaan oleh Agus Prasetyanta, MM.,M.Si (WD Bid. Kemahasiswaan) dilanjutkan dengan Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars UKRIM yang dipandu oleh Ziw Urim (EM 13) dan dilanjutkan dengan Sambutan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UKRIM Liefson Jacobus, S.Si, M.Sc, Sambutan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FEBIS Agus Prasetyanta, MM.,M.Si dan Sambutan Ketua Forum Marketing FEBIS 2016 Claudia Corolina (EA 14).

Drs. Edi Santosa MBA dalam pemaparannya Asean Economic Community lebih menekankan untuk melihat diri sendiri, siapa sebenarnya kita. Beliau memaparkan tentang misi masyarakat ASEAN, membandingkan perbandingan data-data dari 10 Negara mulai dari Human Develoment Indek, Keyakinan, Tingkat kemampuan berbahasa Inggris, Tingkat pajak, Infrasruktur, Kemudahan untuk mendapatkan listrik, hingga cara berbisnis di negara-negara ASEAN jauh berbeda-beda. Dalam perbandingan ASEAN dan Uni Eropa yang beranggotakan 28 Negara ini juga tentunya sangat berbeda, dimana standar Deviasi Uni Eropa, Human Develoment Indek, Tingkat kemampuan berbahasa Inggris, Infrastruktur, yang semuanya sangat bagus dan sudah terbiasa hidup bersama. Drs. Untung Sukaryadi, MM dalam orasinya membicarakan Sejarah pembentukan Masyarakat Ekonomi ASEAN, Semangat MEA, dampak positif dan negatif MEA terhadap sosial, bagaimana sebenarnya kondisi Indonesia, Antisipasi Indonesia terhadap SDM luar, Strategi Peningkatan Ilmu Komunikasi dan memaparkan peluang dan tantangan SDM Indonesia. “Diperlukan Kejujuran, Kepintaran, Kreativitas, Kerja keras dan Kompentensi dalam memenangkan persaingan Sumber Daya Manusia di Negara-negara ASEAN,” Tambahnya.
 
Penyerahan Cenderamata kepada pembicara oleh Drs. Chrisentianus Abdi Saptomo, M.Si. (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis) kepada Drs. Untung Sukaryadi, MM dan Kristian Edi Suranta Tarigan (Ketua Senat FEBIS) kepada Drs. Edi Santosa, MBA. Forum Marketing yang dihadiri oleh 180 peserta mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini ditutup dengan Doa bersama oleh Hadi Purnomo, S,E, M.M, M,Si (WD Bidang Akademik) dilanjutkan dengan pembagian Doorprice dan Pemilihan kembali ketua dan wakil ketua Senat FEBIS untuk periode 2016/2017.
Universitas Kristen Immanuel
Jl. Solo Km 11,1
Yogyakarta
(0274)496256.
humas@ukrimuniversity.ac.id