Universitas Kristen Immanuel
Yogyakarta
"Integrity & Creativity"
Lokasi UKRIM
News

Kuliah Umum Kewirausahaan UKRIM: Kolaborasi Perguruan Tinggi Kristen, Pengusaha dan Gereja

Posting : Senin, 22/02/2016
“Dosen yang siap mengembangkan kewirausahaan bagi mahasiswa bekerjasama dengan pengusaha dan hamba Tuhan” itulah tema besar yang diangkat dalam Diskusi Toturial dan Konsultasi kolaborasi Perguruan Tinggi Kristen, Pengusaha dan Gereja di kampus UKRIM. Kuliah Kewirausahaan yang diadakan di AMG, Jumat (19/02/2016) berlangsung dari pukul 09.30 - 15.00 WIB. Pembicara dalam kuliah umum ini merupakan para praktisi dan pengusaha kristen yang sudah berpengalaman dibidangnya, diantaranya: drh. Djohan, MEM, Ph.D (Mantan Rektor UKDW), Prof. Dr. R. Adiseputra, MBA (Staff Ahli Menko Perekonomian dan Mantan Ketua KADIN), Yuddy Kristianto (Direktur PT Rakomel), Hendro (Pengusaha asal Singapura), Alif Nurwanto (GM Hotel Bintang 4 Yogyakarta), Kis Yudhanto (Marketing NOBU National Bank). Salah satu tujuan program ini adalah mempersiapkan generasi muda gereja sebagai wirausahawan dalam bidang Agrobisnis untuk mensejahterakan jemaat dan akan dilaksanakan berkesinambungan dengan digelarnya program kerjasama kuliah umum mulai 2017. 
Acara Kuliah Kewirausahaan UKRIM ini diawali dengan kata pengantar oleh Ridwan (TS 13), Menyanyikan Mars UKRIM dipandu oleh Ziw Urim (EM 13) dan dilanjutkan dengan Doa Pembuka oleh Liefson Jacobus, S.Si, M.Sc (WR Bid. Aktifitas Kemahasiswaan dan Pembinaan Kehidupan Asrama.) Pembukaan  perkuliahan oleh Dr. Samuel Handali, M.Eng (Rektor UKRIM), mengatakan bahwa UKRIM menyambut baik dan berkeinginan untuk menggalakkan Kewirausahaan. Acara kuliah yang dibagi menjadi 2 sesi ini juga di hadiri oleh para Dosen UKRIM, yakni: Sri Herlina, SE.,M.Si (WR Bid. Administrasi, Keuangan, SDM dan Pengelolaan Sarana dan Prasarana), Drs. Paulis Lilik Kristianto, M.Si (Kepala UPT Kewirausahaan UKRIM) Drs. Edi Santoso, MBA, Dr. Detty Manongko, M. Th,  Erfan Herwinanto, SE, M.Si dan beberapa perwakilan dari LPMI, IMKI. Kuliah umum yang dibatasi untuk 100 orang mahasiswa ini diwakili dari setiap angkatan yang merupakan mahasiswa pilihan UKRIM.  
drh. Djohan, MEM, Ph.D yang merupakan penggerak program ini mengatakan bahwa rencana bersama 20 tahun, estafet dari generasi 50-70 tahun ke 30-50 tahun.  “kampus tidak menjadi menara gading tetapi abdi kepada masyarakat, Semua adalah milik Tuhan”, tambahnya. Prof. Dr. R. Adiseputra, MBA dalam orasinya mengatakan bahwa pentingnya masalah kewirausahaan karna menyangkut hidup matinya suatu bangsa. “Teknologi, Kreativitas, Inovasi, Kooperatif, Kompetitif harus menang dalam persaingan”, paparnya. Yuddy Kristianto memaparkan kiat menjadi calon wiraswasta yang sukses adalah menjadi garam dan terang. “Hidup bukan sendiri, ada roh dalam diri kita”, katanya. Hendro, pengusaha asal singapura mengatakan bahwa Indonesia akan menjadi penentu bagi Dunia, banggalah jadi orang Indonesia. “Visi, Talenta, ketahui apa yang anda mau; Langkah awal adalah langkah akhir,” tambahnya.  Alif Nurwanto dalam persentasinya mengatakan bahwa Tuhan menciptakan manusia secara spesial. Perencanaan karir itu sangat penting dan tentunya kita harus memanfaatkan peluang MEA, tambahnya dan Kis Yudhanto mempersentasikan tentang Industri Perbankan NOBO National Bank. 
Universitas Kristen Immanuel
Jl. Solo Km 11,1
Yogyakarta
(0274)496256.
humas@ukrimuniversity.ac.id