Universitas Kristen Immanuel
Yogyakarta
"Integrity & Creativity"
Lokasi UKRIM
News

Ceramah Masa Depan Otomotif

Posting : Rabu, 04/11/2015
Pada tanggal 29 Oktober 2015 Prodi Fisika UKRIM menyelenggarakan ceramah tentang masa depan dunia otomotif dengan judul The Future of Automobility and Model Based Engineering. Ceramah tersebut dibawakan oleh Dr. Jonathan Neudorfer, staff riset di bagian Corporate Research, Mechatronic Engineering dari perusahaan raksasa Robert Bosch GmbH, Jerman, yang memiliki lebih dari 300.000 pegawai di seluruh dunia, 1500 di antaranya bekerja di bagian riset. 

Dr. Neudorfer menyampaikan bahwa di dunia otomotif, perkembangan pesat terjadi di bidang electrification (pendayaan mobil dengan tenaga listrik), intelligence (kecerdasan), dan connectivity (ketersambungan dengan internet). Sebagai konsekwensi dari pesatnya perkembangan teknologi pembangkitan tenaga listrik dari sumber-sumber energi non-konvensionil, termasuk energi terbarukan yang ramah lingkungan, pada 15 tahun mendatang diperkirakan lebih dari 50% mobil adalah mobil bertenaga listrik dan hibrida. Di bidang kecerdasan, mobil-mobil mewah di Eropa kini sudah dilengkapi dengan kemampuan memarkir mobil secara otomatis yang dikendalikan melalui smartphone. Lima tahun mendatang mobil sudah dapat melaju sendiri di jalan bebas hambatan sedangkan 15 tahun mendatang kemampuan autopilot tersebut ditargetkan sudah dapat dilakukan juga di jalan kota. Di 2 tahun mendatang sebagian besar mobil yang diproduksi akan mempunyai koneksi internet, yang memungkinkan update software dan peta secara otomatis. Perkembangan di bidang connectivity juga mengarah ke ’the internet of things’ (’internet segalanya’), yaitu terhubungnya segala sesuatu dengan internet, termasuk bagian mesin mobil yang memungkinkan monitoring mesin dan perbaikan jarak jauh yang dilakukan melalui internet. 

Secara sepintas Dr. Neudorfer juga menyinggung perkembangan teknik simulasi yang diperlukan di bidang perancangan mobil dan bagian-bagian mesin mobil, misalnya Computational Fluid Dynamics (CFD) untuk menganalisa gaya-gaya yang bekerja pada komponen mesin akibat aliran fluida dan simulasi untuk perancangan struktur mesin serta analisa elektromagnet mesin dengan menggunakan Metode Elemen Hingga. Perangkat lunak untuk simulasi-simulasi tersedia secara komersial (yang sangat tinggi harganya) dan sebagian dapat diperoleh dari open source

Dr. Neudorfer yang memperoleh gelas S2 di bidang Aerospace Engineering dari University of Stuttgart dan Ph.D di bidang Simulation Plasma Flows dari University of Aachen, Jerman. Beliau adalah teman kuliah S2 dari Bp. Daniel Pianka M.Sc, dosen dari Jerman di bidang energi terbarukan yang bertugas di Prodi Fisika UKRIM. 
Universitas Kristen Immanuel
Jl. Solo Km 11,1
Yogyakarta
(0274)496256.
humas@ukrimuniversity.ac.id