Universitas Kristen Immanuel
Yogyakarta
"Integrity & Creativity"
Lokasi UKRIM
News

Program Mahasiswa Wirausaha Bina Desa UKRIM di Desa Karangmojo

Posting : Jumat, 25/09/2015

Program Mahasiswa Wirausaha Bina Desa  (MAUBISA) hadir lagi tahun ini. MAUBISA ini di selenggarakan oleh lembaga  kemahasiswaan dan dibantu dengan Tim mahasiswa. Dimulai dari persiapan akhir  bulan April lalu, kali ini Desa yang menjadi target MAUBISA UKRIM dilaksanakan  di desa desa karangmojo.  Dana Untuk program ini Maksimal  Rp.  33.000.000 per judul proposal dan diikuti oleh 107 PTS di Kopertis  V Yogyakarta. Setelah dilakukan Desk Evaluation, Sebanyak 28 judul proposal  yang lolos dan dilanjutkan dengan seleksi tahap presentasi di kantor kopertis  V jalan tentara pelajar nomor 13 yogyakarta, Kamis (02/07/15). 

  Tim MAUBISA UKRIM yang beranggotakan 4  orang, yaitu Tommi Jaranto Meha (EM 2013), Grace Septiana (EM 2012), Christin  Sri Hastuti (TS 2013), dan Fajarman Ndraha (TI 2011) berhasil mendapatkan  pendanaan pada Program MAUBISA yang berjudul “JUS TERNAK”. Hal ini adalah  langkah yang luar biasa dan untuk pertama kalinya UKRIM berhasil mendapatkan  pendanaan Program MAUBISA dari pemerintah melalui kopertis V sebesar Rp  12.500.000 . Meskipun Hasilnya belum maksimal, namun kita tetap bangga akan  kepercayaan yang telah diberikan.
  Jus Ternak buatan kami  adalah  hasil fermentasi buah-buahan yang tidak dimanfaatkan lagi oleh  manusia  dengan adanya tambahan vitamin didalamnya untuk pemenuhan asupan kebutuhan gizi  bagi ternak. Jus ternak ini telah diuji di pusat studi pangan dan giji di  Gedung PAU UGM dan dari hasil analisa terbukti dengan hasil memuaskan.
  Menurut Tommi, ketua Tim Mau bisa UKRIM  mengatakan keunggulan dari produk Jus Ternak adalah Terbuat dari bahan  alami, Mengandung Enzym, Vitamin dan mineral kualitas tinggi yang berguna untuk mempercepat  pertumbuhan dan penggemukan hewan ternak, membentuk serat daging hewan yang  padat, menurunkan angka kematian pada hewan ternak serta mengurangi bau kotoran  hewan ternak.
  Setelah berjalan beberapa lama produksi  Jus ternak di karangmojo, sekarang Tim maubisa merencanakan mendirikan koperasi  dengan mengarahkan warga desa karangmojo untuk segera mendirikan koperasi dalam  menunjang produktivitas warga, setelah di lakukan  pertemuan demi  pertemuan dengan warga, tampak mereka sangat antusias dalam merealisasikan  program ini.


Universitas Kristen Immanuel
Jl. Solo Km 11,1
Yogyakarta
(0274)496256.
humas@ukrimuniversity.ac.id