Universitas Kristen Immanuel
Yogyakarta
"Integrity & Creativity"
Lokasi UKRIM
News

Wisuda Ke-27 UKRIM & Ke-34 STTII Diploma, Sarjana dan Pascasarjana

Posting : Selasa, 18/08/2015
Civitas Akademik Unversitas Kristen Immanuel (UKRIM) dan Sekolah Tinggi Teologi Injili Indonesia (STTII) mengadakan acara pewisudaan Mahasiswa/ Mahasiswi bersama, bertempat di jalan Solo KM 11,1 yang di selenggarakan di kapel kampus UKRIM dan STTI yogyakarta, Sabtu (15/8). Salah satu tujuan penggabungan acara ini adalah untuk meningkatkan sinergi dalam meningkatkan kekeluargaan UKRIM &STTII. Civitas Akademik, Tamu Undangan dengan antusias dalam mengikuti acara ini hingga selesai, Ruangan Kapel yang memuat hingga lebih dari 700 orang ini di penuhi dan berdesakan sampai keluar. 

Sebelum acara dimulai Civitas Akademik melakukan proses Akademika dengan dilanjutkan pembukaan sidang senat terbuka oleh Rektor UKRIM, Dr. Samuel Handali, M.Eng. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Doa pembukaan oleh Dr. Saparman, STM. Kemudian pujian bersama; Mulia setia-Mu ya Allah Bapa dan dilanjutkan dengan PSM UKRIM. 

Upacara Wisuda & penyerahan di mulai dengan pembacaan Firman Tuhan oleh Dr. Eka Setyadi (WR Bid. Humas, Admisi dan Alumni UKRIM) dilanjutkan dengan pujian bersama “Tuhanlah Perlindunganku”. Pesan Wisuda kali ini disampaikan oleh Guru Besar Prodi Teknik Perminyakan, Institut Teknologi Bandung (ITB), Prof. Dr. ir. H. P. Septoratno Siregar, DEA. Professor Siregar, yang pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Kristen Maranatha, Bandung, dan pernah memperoleh penghargaan sebagai Dosen Teladan dari ITB dan Dosen Teladan Tingkat Nasional dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI menyampaikan pesan agar para wisudawan menjadi Garam dan Terang dalam semua aspek kehidupan mereka.  Profesor Siregar menyampaikan informasi mengenai perkembangan eksplorasi dan eksploitasi sumber-sumber energi berbasis fosil di Indonesia, yaitu batu bara, gas dan minyak bumi, dan menghimbau agar para wisudawan dapat menjadi ‘garam dan terang’ bagi masyarakat dalam mengelola penggunaan bahan bakar, mengingat terbatasnya sumber-sumber energi tersebut.  Beliau juga mendorong agar para wisudawan ikut serta dalam upaya pengembangan di bidang energi terbarukan, dalam aspek pengembangan teknologi maupun pemamfaatannya.  


Acara Selanjutnya yang sangat dinanti-nantikan oleh para wisudawan dan para undangan yang hadir adalah penyerahan Ijazah oleh 2 lembaga yakni UKRIM dan STTII dari program study D3 hingga S3. Pembacaan SK dan Laporan keseluruhan UKRIM di bacakan oleh Ir. Ign. Sutyas Aja, M.T (WR Akademik). Pewisudaan keseluruhan UKRIM yang di lakukan oleh Rektor UKRIM, Dr. Samuel Handali, M.Eng dan di ikuti dengan wisuda dan penyerahan Ijazah oleh Dekan Fakultas dan wakil Dekan Akademik setiap Fakultas Masing-masing dengan bergantian. Pewisudaan Keseluruhan STTII dilakukan oleh Pdt. Dr. Sumbut Yermianto, M.Th, Selaku ketua STTII. Wisuda dan penyerahan Ijazah STTII di lakukan oleh Ketua STTII, Kaprodi Teologi S1, Ketua Program S2 Teologi, Ketua Program S3 Teologi dan Yayasan Iman Indonesia (YII). 

UKRIM boleh berbangga, telah berhasil mewisuda 2733 orang wisudawan/wisudawati dengan berbagai program studi yang ada, yakni 4 Fakultas dan 8 program Studi S1 dan Satu program studi S2. Tahun demi tahun UKRIM semakin mampu bersaing dengan kampus-kampus yang ada di Indonesia, terbukti dengan terus bertambahnya jumlah mahasiswa dan aset- aset yang selalu meningkat. Jumlah wisudawan UKRIM tahun ini 104 orang, terdiri 13 orang (Pendidikan Agama Kristen), 8 orang (Musik gereja), 12 orang (Ekonomi manajemen), 5 orang (Akuntansi), 6 orang (Teknik Sipil), 12 orang (Fisika), 40 orang (Teknik Informatika) dan 8 orang, Program S2 (Pendidikan Agama Kristen). Wisuda tahun ini termasuk wisuda yang sangat mengesankan dimana salah seorang mahasiswa UKRIM lulus dengan IPK 4,0 dengan waktu studi 4 tahun dan merupakan rekor terbaru paling tinggi dalam sejarah UKRIM yang di raih oleh Wulan Kristiani (Fakultas Ekonomi Prodi Manjemen). 
Sarjana, suci, setia merupakan salah satu motto dari STTII dan UKRIM. Dalam kesempatan ini STTII berhasil mewisudakan 39 orang Wisudawan terdiri dari 16 (Program Teologi S1), 11 orang (Program Teologi S2) dan 12 orang (Program Teologi S3). Mahasiswa Terbaik dari program S1 teologi di raih oleh Judika Sagala. 

Satu hal yang tidak terlupakan oleh para Alumni adalah Tentang dalamnya Visi dan misi UKRIM yakni Keseimbangan Iman dan Ilmu. Banyak alumni yang telah memberikan kesaksiannya betapa kuatnya nilai-nilai yang di tanamkan untuk kemulian-Nya. Dalam acara wisuda tahun ini kesaksian Alumnus UKRIM di bawakan Ir. Harjanto Nurya Hadi Widjaja, MM, Alumnus Teknik Sipil UKRIM. Beliau mengatakan bahwa UKRIM mempunyai Visi dan Prinsip yang teguh, seperti; Keseimbangan Iman dan Ilmu, Integrity and Creativity, To Learn Is To Be. Singkatnya “Satu pelajaran yang tak terlupakan adalah adanya Mentoring dalam kelompok kecil dalam mempererat hubungan mahasiswa dan Dosen”, hal ini merupakan salah satu misinya UKRIM yang sangat tangguh dan berbeda dengan kampus-kampus yang lain. Jayalah UKRIM, Tuhan besertamu. 

Universitas Kristen Immanuel
Jl. Solo Km 11,1
Yogyakarta
(0274)496256.
humas@ukrimuniversity.ac.id