Universitas Kristen Immanuel
Yogyakarta
"Integrity & Creativity"
Lokasi UKRIM
News

Seminar e-commerce : UKRIM, Smartfren dan Pemkab Gunung Kidul

Posting : Selasa, 30/09/2014

Untuk membuka wawasan pengusaha dan masyarakat tentang penggunaan internet dan mendorong  mereka memanfatkannya untuk pengembangan jaringan bisnis dan pengembangan potensi daerah, Universitas Kristen Immanuel (UKRIM) bekerjasama dengan PT. Smartfren Telecom. Tbk dan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mengadakan seminar sehari tentang Penggunaan Internet dalam Pengembangan Usaha.  Seminar diadakan pada  tanggal 24 September 2014 bertempat di bangsal Sewoko Projo, Wonosari.  Rektor Universitas Kristen Immanuel, DR. Ir. Samuel Handali, M. Eng, dalam sambutannya menjelaskan bahwa seminar sehari tersebut merupakan persiapan UKRIM untuk mendirikan “Rumah Pintar” di kabupaten Gunungkidul yang akan dipakai sebagai sebagai rumah konsultasi bisnis untuk membantu masyarakat setempat memanfaatkan internet untuk berbagai keperluan, misal pengembangan bisnis, pariwisata dan pendidikan.

Seminar tersebut sebagai  langkah awal tindak-lanjut kesepakatan kerjasama antara UKRIM, Smartfren Telecom Tbk dan Pemkab GunungKidul dalam pengembangan masyarakat setempat.  Peserta yang hadir dalam seminar sekitar 200 orang terdiri atas para pelaku usaha, anggota Kadin dan pejabat pemerintah terkait,  menghadirkan pembicara Hengky Cahyadi, Ph. D (dari PT. Smartfren Telecom Tbk) dan tiga pembicara dari UKRIM, yaitu Dr. Eko Nugroho, Drs. Ginting Setiyana  dan dr. Eddy Kristianto

            Seminar juga diisi dengan kesaksian keberhasilan beberapa praktisi usaha yang telah sukses memanfaatkan “internet bussiness” dan dilanjutkan dengan pembukaan counter konsultasi e- commerce bagi masyarakat yang tertarik memanfaatkannya. Dipamerkan pula di sana beberapa contoh produk wirausaha UKRIM yang dapat dipraktekkan bagi masyarakat yang ingin memulai usaha, khususnya bagi masyarakat di daerah Karangmojo.

            Penyelenggaraan seminar dikoordinir oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Kristen Immanuel (LPPM UKRIM).  Menurut  Ketua LPPM UKRIM, DR. Sumanto, MA, kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat UKRIM berorientasi untuk kepentingan masyarakat.  Untuk itu, kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat, LPPM membutuhkan dukungan dan kerjasama dengan berbagai pihak khususnya Pemda dan Swasta untuk melaksanakan suatu kegiatan yang nyata di masyarakat sehingga ilmu pengetahuan  yang dipelajari di perguruan tinggi dapat diaplikasikan sehingga dapat dirasakan manfaatnya bagi kepentingan masyarakat.  Dengan terbatasnya lapangan pekerjaan pada saat ini, para mahasiswa perlu didorong mau terjun di tengah masyarakat, mencari dan memanfaatkan peluang yang ada di tengah masyarakat agar mereka tidak menjadi lulusan yang mencari pekerjaan dan tetapi dapat menciptakan lapangan kerja.            

Universitas Kristen Immanuel
Jl. Solo Km 11,1
Yogyakarta
(0274)496256.
humas@ukrimuniversity.ac.id