Universitas Kristen Immanuel
Yogyakarta
"Integrity & Creativity"
Lokasi UKRIM
News

PK2MB UKRIM 2014 Unik dan Baru Rooted In Integrity and Flourising in Creativity

Posting : Senin, 27/08/2014

Universitas Kristen Immanuel Yogyakarta merupakan universitas swasta  yang terletak di Kalasan Yogyakarta. Terdapat 4 Fakultas ( FISKOM, FEBI, TS DAN FAK ) dan 7 Program studi yaitu : Teknik Informatika, Fisika, Musik Gereja, Pendidikan Agama Kristen, Teknik Sipil , Manajemen Ekonomi dan Akuntansi. UKRIM nama popular yang sering dipakai untuk penyebutan universitas ini memiliki jati diri sebagai universitas swasta yang menjunjung tinggi nilai spiritualitas dan keseimbangan iman dan pendidikan sehingga menjadikan UKRIM sebagai  universitas kerakyatan, universitas keimanan dan  memiliki ciri khas dan karakter, serta mengemban tugas untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan daya saing sumberdaya manusianya dalam menghadapi persaingan global. Dalam rangka mempersiapkan mahasiswa baru menjadi pembelajar yang sukses, unggul, cerdas, dan profesional di bidangnya  maka diperlukan Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (PK2MB).

Mengusung tema  “ Rooted In Integrity and Flourising in Creativity “ ( Berakar pada Integritas dan Perkembangan dalam Kreativitas )  Panitia PK2MB mengharapkan agar mahasiswa mampu mengembangkan bakat dan memiliki sikap integritas yang tinggi agar mampu bersaing dalam dunia global. PK2MB merupakan program wajib tahunan UKRIM yang bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa baru kepada segala eleman yang dimiliki kampus baik Sumber Daya Manusia maupun segala sarana dan prasarana yang dimiliki. Melalui ajang ini mahasiswa baru dapat lebih mengenal kampusnya dan mulai beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Secara lebih khusus gagasan PK2MB ini dilatarbelakangi oleh perlunya mempersiapkan dan memperkenalkan mahasiswa baru tentang kehidupan akademik, sejarah dan visi misi Universitas Kristen Immanuel Yogyakarta dan seluk-beluknya, sehingga mahasiswa diharapkan mampu beradaptasi dalam kehidupan yang baru menimba ilmu dan mengalami pengalaman yang baru di UKRIM.

PK2MB dilaksanakan 3 hari dimulai sejak Registrasi tanggal 25 Agustus 2014 hingga diakhiri dengan penanaman tanaman hias di lingkungan kampus pada tanggal 27 September 2014. Penyematan Jas almamater kepada Agnes ( Maba PAK ) oleh bapak Rektor UKRIM Bapak Dr. Ir. Samuel Handali, M.Eng sekaligus membuka PK2MB Pada tanggal 26 Agustus 2014. Agnes terlihat anggun dan sumringah saat dirinya mendapat kehormatan dalam penyematan jas almamter.   Kegiatan PK2MB di ikuti sebanyak 243 Mahasiswa baru dan beberapa mahasiswa yang belum mengikuti PK2MB tahun lalu. Mahasiswa baru berasal dari segala penjuru Indonesia mulai dari Pulau Sumatra hingga Pulau Emas Papua. Diharapkan mahasiswa baru menjalin kerukunan antar Suku dan dapat membentuk Karakter berdasarkan Kristus. Selain Panitia, Pengurus BPM ( Badan Perwakilan Mahasiswa ) UKM Turut hadir memeriahkan event tahunan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru ini. Ini adalah kesempatan bagi Para UKM dan BPM untuk mempublikasikan program – program kerja mereka sekaligus membuka pendaftaran untuk peserta baru.

Menurut Christin Sri Hastuti ( Panitia PK2MB berasal dari Bantul dan Program studi Teknik Sipil ) hal yang menarik dari pelaksanaan PK2MB tahun ini yang berbeda dari tahun tahun sebelumnya , salah satunya lebih dekat dan akrabnya mahasiswa dengan para pendamping sehingga paradigm ospek adalah kekerasan di patahkan pada PK2MB tahun ini, selain itu adanya Ibadah KKR juga menjadi program yang menarik sekaligus menjadikan mahasiswa baru lebih dekat dengan Tuhan. Titin ( sapaan lengkapnya ) merasa sangat beruntung dipilih menjadi panitia, “ Saya sangat beruntung dapat menjadi salah satu panitia PK2MB Tahun ini, ini pengalaman yang luar biasa, saya mendapat banyak kenalan baru” tuturnya.

Marcello Alexius Dominicus mahasiswa baru yang berasal dari Yogyakarta memaparkan betapa senangnya mengikuti PK2MB ini, hal-hal baru dia dapatkan dari kegiatan yang diketuai oleh Bapak Suyud Widiono, S.Pd., M.Kom ( Dosen dan Wakil Dekan 3 Fakultas Sains dan Ilmu Komputer ) ini. “ Saya lebih suka ospek yang seperti ini kak daripada ospek-ospek kampus lain yang identik dengan kekerasan “ tuturnya. Selo sapaan lengkapnya juga merupakan Mahasiswa Baru yang dinobatkan menjadi KING PK2MB 2014. Menjadi King PK2MB tidaklah mudah, harus memenuhi kriteria kriteria berikut : Disiplin, Cakap, Bertanggung Jawab dan Supel.

Universitas Kristen Immanuel
Jl. Solo Km 11,1
Yogyakarta
(0274)496256.
humas@ukrimuniversity.ac.id