Universitas Kristen Immanuel
Yogyakarta
"Integrity & Creativity"
Lokasi UKRIM
News

Mahasiswa UKRIM ikuti Jambore Pemuda Indonesia Daerah Jawa Timur 2014

Posting : Selasa, 03/06/2014
Dalam rangka mengembangkan wawasan pemuda agar dapat meningkatkan kreatifitas , perlu direncanakan secara berjenjang dan berkesinambungan , sehingga berbagai potensi pemuda dapat diakomodir untuk lebih dikembangkan. Potensi tersebut dapat dikembangkan antara lain melalui Bintek dan Bhakti Pemuda antar Pemuda Daerah (Kabupaten/Kota) dalam satu provinsi, dengan tujuan untuk meningkatkan kreatiiftas dan sekaligus membuka wawasan kedaerahan yang tidak terpaku pada budaya lokal (Kabupaten/Kota) diman mereka berminat. Dengan melakukan proses pembelajaran melalui JPI dan BPAP, merupakan salah satu bentuk penguatan wawasan kebangsaan pemuda dengan memahami berbagai potensi budaya dan kekayaan alam sebagai sumber utama pembangunan nasional.
 
Untuk mengikuti Jambore Pemuda Indonesia Daerah ( JPID ) , peserta harus mengikuti seleksi terlebih dahulu yang diselenggarakan kabupaten/kota. Materi yang harus dikuasai peserta untuk lolos seleksi adalah :
  1. Tes Psikologi dan pengetahuan umum
  2. Kepemimpinan dan Organisasi
  3. Profil Budaya Daerah
  4. Wawasan Nusantara
  5. Talenta
Selain materi tersebut, peserta harus memenuhi persyaratan seperti :
  1. WNI berusia 18-22 tahun dan belum menikah.
  2. Mengetahui/menguasai kesenian/keterampilan seni budaya (minimal satu keterampilan daerah, satu kesenian daerah). Misalnya; tari reog kendang, jaranan, karawitan, nembang dll
  3. Memiliki Wawasan Nusantara, Pariwisata, dan Budaya Jawa Timur.
  4. Aktif di Organisasi Pemuda / Pelajar / Mahasiswa .
  5. Sehat Jasmani dan Bebas Narkoba.
  6. Bersedia ditempatkan di Provinsi Tujuan BPAP (Pilihan: Sumatera Utara, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur)
Mahasiswa Universitas Kristen Immanuel Yogyakarta bernama Tubagus Kurniawan berhasil lolos seleksi untuk mengikuti Jambore Pemuda Indonesia Daerah tingkat provinsi mewakili Kontingen Tulungagung.  Tubagus telah mengikuti prosedur penyeleksian tingkat kabupaten/kota dan berhasil mengalahkan 125 pesaingnya dan berhak untuk mengikuti seleksi Jambore Pemuda Indonesia Asean yang dilaksanakan di Tuan Rumah JPID Jawa Timur , tahun ini bertempat di kabupaten Tulungagung.

Jambore Pemuda Indonesia Daerah Jawa Timur 2014 telah dilaksanakan pada tanggal 12 -  16 Mei 2014 lalu bertempat di Tulungagung. Event yang dipayungi oleh DIKPORA JATIM ini bertujuan untuk mengeksplorasi budaya Jawa Timur agar dapat dikenal oleh masyarkat luas khususnya mancaanegara. Setiap peserta wajib menampilkan tarian traditional daerah masing-masing. Dalam event ini, tidak hanya diajarkan mengenai kebudayaan, melainkan juga kepemimpinan dan latihan mental. Selain itu peserta juga didik untuk bermasyarakat dengan warga sekitar. Peserta diajak melakukan Bakti sosial di daerah Tlaga Buret.
Event yang dibuka langsung oleh gubernur Jawa Timur, Bpk Soekarwo ini berlangsung meriah. Pembukaan disambut oleh tarian tradisional Tulungagung Reog Kendang. 

Universitas Kristen Immanuel
Jl. Solo Km 11,1
Yogyakarta
(0274)496256.
humas@ukrimuniversity.ac.id