Universitas Kristen Immanuel
Yogyakarta
"Integrity & Creativity"
Lokasi UKRIM
News

KEGIATAN DONOR DARAH

Posting : Kamis, 19/09/2013

Untuk membantu Palang Merah Indonesia (PMI) Yogyakarta mencukupi kebutuhan stok darah, unit kegiatan mahasiswa pecinta alam (Mapala) Giri Loka Paksi UKRIM bekerjasama dengan PMI Yogyakarta mengadakan kegiatan donor darah, Rabu (18/9) lalu. Bertempat di area lobby kampus, maka terkumpulah sekitar 50 pendonor yang siap untuk diambil darahnya, namun berhubung jadwal pelayanan tim PMI yang padat pada hari itu, maka dalam kegiatan kali ini hanya dapat dilakukan sampai tengah hari saja, dengan terkumpul sebanyak 24 kantong darah.

Koordinator kegiatan ini yang juga anggota mapala, Hengky, mengatakan bahwa kerjasama dengan pihak PMI Yogyakarta untuk kegiatan donor darah di kampus UKRIM sudah berlangsung selama beberapa tahun belakangan ini. “Kami mengagendakan kegiatan donor darah seperti ini berlangsung 4 kali dalam setahun, dengan target peserta donor sejumlah 50 orang per kegiatan” katanya. “jumlah pendonor segitupun masih kurang untuk mencukupi akan permintaan darah dari masyarakat lewat PMI” tambah Hengky. 

Berdasarkan catatan dari PMI, PMI pernah kehabisan stok darah pasca lebaran tahun ini. Kosongnya stok darah di PMI Kota Yogyakarta sesudah Lebaran disebabkan berkurangnya kegiatan donor darah, lalu banyak warga luar daerah yang datang ke PMI Kota Yogyakarta seperti dari Klaten, Wonogiri, dan Boyolali serta banyak donor (penderma) darah sukarela yang masih mudik atau disibukkan oleh kegiatan hari raya sehingga belum bisa melakukan donor darah. Di luar daerah pun, banyak PMI yang tidak lagi memiliki stok darah. Selain itu, banyak pula PMI tempat lain yang belum bisa melayani produk darah seperti trombosit sedangkan di PMI Kota Yogyakarta sudah bisa melayani permintaan trombosit.

Untuk mengantisipasi permintaan darah yang makin banyak, PMI Kota Yogyakarta sudah melakukan upaya menggerakan masyarakat melalui pengiriman pesan singkat telepon seluler kepada penderma darah sukarela yang aktif melakukan donor darah secara rutin di PMI Kota Yogyakarta, yang saat ini berjumlah sekitar 25.000 orang, untuk melakukan donor darah apabila sudah waktunya, dan dianjurkan sebaiknya melakukan donor darah setiap 3 bulan sekali. (ynt)

Universitas Kristen Immanuel
Jl. Solo Km 11,1
Yogyakarta
(0274)496256.
humas@ukrimuniversity.ac.id