Universitas Kristen Immanuel
Yogyakarta
"Integrity & Creativity"
Lokasi UKRIM
News

Pelaksanaan PK2MB 2013 Angkatan 2013 Berjalan dengan Baik

Posting : Sabtu, 24/08/2013

Universitas Kristen Immanuel Yogyakarta secara resmi memulai tahun ajaran 2013/2014 pada tanggal 19 Agustus 2013. Pada tahun ajaran yang baru ini, UKRIM berhasil merekrut mahasiswa baru hampir dari setiap propinsi di Indonesia. Berdasarkan hasil pemutahiran data terakhir yang disampaikan oleh bapak Dr. Samuel handali, mahasiswa baru berasal dari 24 propinsi di Indonesia. Jika dilihat statistik daerah asal mahasiswa dari tahun 2008 sampai tahun 2013 mahasiswa berasal dari 31 propinsi. Daerah asal mahasiswa tersebut tersebar dari sabang sampai merauke, dari Aceh sampai Papua. Jika dilihat dari data tersebut, maka kampus Universitas Kristen Immanuel Yogyakarta sangat bersifat plural, beragam bahasa, adat, seni, dan budaya. Tidak heran jika di dalam kehidupan kampus UKRIM sangat terasa keragaman Indonesia. Menghadapi mahasiswa dari berbagai daerah, maka rektor sangat mengharapkan supaya tidak terjadi perkelahian antar suku.

Mahasiswa baru UKRIM wajib mengikuti kegiatan PK2MB (Pengenalan Kehidupan kampus Mahasiswa Baru) pada tanggal 22 sampai 23 agustus 2013. Berdasarkan laporan ketua panitia PK2MB UKRIM 2013 bapak Agus Prasetyanta M.Si, jumlah peserta PK2MB  UKRIM 2013 berjumlah 204 orang. Mahasiswa baru tersebut tersebar pada 4 fakultas dan 8 program studi. Dalam pelaksanaannya mahasiswa baru dibagi menjadi 12 kelompok dan masing masing dipimpin oleh mahasiswa senior yang tergabung dalam kepanitian PK2MB. Kegiatan PK2MB UKRIM 2013 dibuka secara resmi oleh bapak Dr. Samuel handali pada tanggal 22 Agustus 2013 di Aula Musik Gereja (AMG) UKRIM ditandai dengan pengenaan jas almamater secara simbolis kepada 2 mahasiswa baru yaitu Olivia Sarindat dan Billy K. Rumbewas. Ada hal yang terlihat unik dan sangat bermanfaat dalam pelaksaan PK2MB tahun 2013 yaitu mahasswa baru dilibatkan dalam program penghijauan wilayah kampus. Setiap kelompok wajib membawa 1 tanaman Pucuk Merah dan 10 bunga Lidah Mertua.

 PK2MB UKRIM 2013  bertema “Developing Integrity and Creativity” sejalan dengan tema kepemimpinan masa jabatan 2013-2017 UKRIM  yaitu “Meningkatkan Integritas dan Kreatifitas”. Secara sederahana tema tersebut mengajak seluruh mahasiswa UKRIM untuk mampu bersikap jujur dan mampu berkreatifitas. Kedua hal ini selanjutnya banyak dibahas oleh para pembicara baik dalam KKR dan khotbah tentang motto.

Seluruh peserta PK2MB diberikan semua informasi seputar kampus UKRIM. Adapun beberapa hal yang disampaikan adalah perkenalan struktural UKRIM oleh rektor UKRIM, peraturan Kehidupan Kampus oleh wakil rektor Bidang Kemahasiswaan, pemberian motivasi oleh  ibu Cindy J. Reed. MA yang menjabat sebagai konselor diwilayah kampus UKRIM, Informasi Pelayanan Rohani oleh wakil rektor bidang Kerohanian dan Ibadah kampus, Informas seputar biro administrasi akamdemik (ADAK) dan biro administras umum (ADUM), dan informasi seputar pusat teknologi informasi komputer (PTIK) dan web UKRIM. Selain berbagai informasi, mahasiswa baru juga mengikuti KKR yang betema Integrity and Creativity oleh bapak Pdt. Dr. Sumbut Yermianto di aula E-Edelweis taman Eden 1 kaliurang pada tanggal 22 agustus 2013, dan juga pada pagi hari tanggal 23 agustus 2013 seluruh peserta PK2MB diajak untuk mengikuti doa pagi dan doa syafaat untuk mendoakan para sponsor UKRIM, perkembangan UKRIM, untuk misioner yang didatangkan ke UKRIM, studi lanjut s3 dosen dosen UKRIM pemilu 2014 dan juga cita cita pribadi setiap mahasiswa yang dipimpin oleh bapak Yunus Bhaekti M.Div. Selain itu mahasiswa peserta juga ikut berpartisipasi dalam talent show. Ada yang menampilkan drama, dance dan juga nyanyi.

Setelah mengikuti semua sesi kegiatan PK2MB UKRIM 2013 seluruh peserta dikejutkan dengan pengumuman beberapa kategori mahasiswa yang berhak mendapat apresiasi berupa hadiah dari panitia. Adapaun beberapa kategori tersebut adalah 1 mahasiswa pengumpul tanda tangan terbanyak setiap kelompok, 5 mahasiswa dengan atribut PK2MB UKRIM 2013 terlengkap, 4 mahasiswa pemberi pertanyaan terbaik seluruh sesi, 4 mahasiswa terlucu, 3 kelopok dengan talent show terbaik, 2 mahasiswa peserta terbaik (King dan Queen) dan 4 mahasiswa pembibing terbaik. Setelah pengumuman selesai seluruh mahasiswa peserta diajak piknik ke objek wisata Gardu Pandang. Setelah kegiatan piknik selesai, seluruh  peserta pulang ke kampus UKRIM.

Terimakasih kepada seluruh panitia PK2MB UKRIM 2013 dan selamat bergabung bagi mahasiswa baru UKRIM angkatan tahun 2013, majulah UKRIM. (az)

Universitas Kristen Immanuel
Jl. Solo Km 11,1
Yogyakarta
(0274)496256.
humas@ukrimuniversity.ac.id