Universitas Kristen Immanuel
Yogyakarta
"Integrity & Creativity"
Lokasi UKRIM
News

Mahasiswa TI raih juara II dalam Lomba Penciptaan Software Aplikasi Interaktif berbasis Mobile 2012

Posting : Senin, 07/11/2012
Anton Sutopo (Mahasiswa prodi TI 2011) memenangkan juara II Lomba Penciptaan Software Aplikasi Interaktif berbasis Mobile 2012 yang diselenggarakan oleh Kopertis Wilayah V. 
Dengan judul " POPI DOLAN" yang berisi "Aplikasi Bantu Pengajaran Aritmatika Dasar berbasis Mobile"  menggunakan teknologi Java 2 Mobile Edition, Netbean Editor dan WTK emulator.

POPI DOLAN adalah judul cerdik singkatan POro, PIng, suDO, dan LAN, yang dalam bahasa Jawa berarti pembagian, perkalian, pengurangan, dan penjumlahan. Dalam program ini seorang anak SD bernama Popi yang jenaka dan bersemangat menjadi teman belajar bagi siswa SD yang berlatih aritmatika dasar, sehingga mereka  akan tertarik untuk terus menerus berlatih.

Menjadi juara II dalam lomba ini dicapai melalui tahap-tahap yang tidak terduga. Pada awalnya Anton memberikan ide POPI DOLAN ini kepada teman yang ingin ikut dalam perlombaan. Karena teman tersebut memilih judul yang berbeda, ia mengambil keputusan untuk mengikuti lomba ini sendiri. Pak Suyud, dosen TI di UKRIM, memberikan saran-saran teknik pemrograman yang sangat bermanfaat. Program yang diselesaikan dalam waktu satu bulan, dua minggu untuk perancangan dan dua minggu untuk coding, mengharuskan Anton membagi waktunya dengan sangat seksama, agar tugas-tugas kuliah dan pekerjaan tidak tertelantarkan. Ternyata bekal dari kuliah Pemrograman di UKRIM sangat memperlancar proses coding, dan pengalaman kerja dengan Pak Soni Mukuwan (alumni Ilmu Komputer UKRIM 1993) menunjang dalam menganalisa persoalan dan merancang produk. Anton merasa kecil hati ketika melihat peserta lain menggunakan teknologi yang lebih baru dan merasa karyanya lebih simple. Namun, justru ide dibalik karyanya lebih mengena dengan tema perlombaan, dan dewan juri banyak memberi masukan serta saran untuk mengembangkan program ini. Membuat presentasi yang singkat dan jelas, serta menjawab pertanyaan di depan umum secara spontan juga ternyata tidak mudah. Anton terus terang sangat terkejut ketika dia diumumkan sebagai pemenang kedua lomba ini. Selamat Anton Sutopo!

Universitas Kristen Immanuel
Jl. Solo Km 11,1
Yogyakarta
(0274)496256.
humas@ukrimuniversity.ac.id