Universitas Kristen Immanuel
Yogyakarta
"Integrity & Creativity"
Lokasi UKRIM
News

UKRIM Kembangkan Teknologi Liferay

Posting : Kamis, 31/05/2012

Pada era modem seper­ti sekarang, kemajuan teknologi informasi makin meningkat. Untuk menjawab tantangan ini sejak beberapa tahun terakhir banyak perguruan tinggi membuka jurusan teknologi informasi. Hal itu dilakukan agar lulusan perguruan tinggi bisa menjadi orang yang mumpuni di bidang tersebut. Bahkan, diharap­kan bisa menciptakan programmer andal yang bisa menjawab tantangan dunia yang makin ketat. 

Dalam menjawab tantangan dan persaingan tersebut, Universitas Kristen Immanuel (UKRIM) Yogyakarta kini meneguhkan posisinya sebagai pusat penyediaan ahli pemrograman komputer berbasis Java. Rektor Universitas Kristen Immanuel, George Iwan Marantika MBA, kemarin, mengata­kan, saat ini Fakultas Sains dan Komputer Universitas Kristen Immanuel sudah meng­hasilkan satu web solution yang disebut Liferay.

Menurut pak George, pengembangan itu selain meli­batkan para ahli dari Jerman, juga dengan ahli dari Malaysia. " dengan Jerman kami teIah mendiri­kan Pusat Pengembangan Program." Ujamya. 

Gelar Seminar

Untuk memperkenalkan Liferay tersebut, hari Sabtu kemarin (26/5)UKRIM menggelar seminar tentang “Liferay Phenomena” dengan menghadirkan narasumber Yoiel Pieter Sumihar S.Kom. (staf Rektor UKRIM bidang TI) dan Hans-Jurgen Beling (kepala Software Institut UKRIM) serta Mun'aim Bin Marzuki (Lead Trainer SKALI Malaysia) dan Andro Siahaan (Manajer Proyek PT ANTs). George Iwan mengungkapkan, Liferay Phenomena itu adalah sebuah teknologi server yang mengimplementasikan standar Java untuk teknologi Portlet berdasarkan Java Specification Request JSR 168 dan JSR 286. Dikatakannya, portlet adalah bagian-bagian dalam sebuah portal seperti subbrowser-sub­browser yang bisa bekerja secara mandiri ataupun saling berhubungan.Liferay juga mendukung beberapa bahasa pemrograman seperti PHP dan Ruby.

Langkah UKRIM tersebut sekaligus untuk mendukung keinginan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X guna men­jadikan DIY sebagai cybercity. Menurut dia, cybercity bukan hanya berarti  pengguna.internet yang banyak. tetapi sebagai pusat pendi­dikan ahli bidang IT.

Universitas Kristen Immanuel
Jl. Solo Km 11,1
Yogyakarta
(0274)496256.
humas@ukrimuniversity.ac.id