Universitas Kristen Immanuel
Yogyakarta
"Integrity & Creativity"
Lokasi UKRIM
Profil

Visi, Misi dan Tujuan UKRIM

Posting : Rabu, 15/02/2015

Visi

Visi UKRIM dirumuskan dan dibangun di atas dasar komitmen kuat dari unsur pimpinan dan seluruh civitas akademika. Komitmen yang dimaksud adalah komitmen kreativitas, komitmen integritas, dan komitmen keilmuan dan iman. Ketiga komitmen tersebut direfleksikan berdasar nilai-nilai keteladanan kristus dalam kehidupan seluruh civitas akademika UKRIM, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dan diharapkan bermuara pada terwujudnya UKRIM yang mampu menyediakan pendidikan tinggi yang berkualitas, kompeten, dan kreatif. Visi UKRIM telah menjadi acuan penyusunan visi unit-unit kerja yang ada (Fakultas, Jurusan, Biro, Badan, UPT) dalam lingkup universitas. Rumusan visi UKRIM adalah :

Menjadi universitas yang kreatif dan berintegritas dalam iman dan ilmu berdasarkan nilai-nilai Kristus.

Misi

UKRIM, dalam rangka mewujudkan visi sebagaimana disebutkan di atas, mengemban misi sebagai berikut:

a.    Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang bermutu dan relevan dengan perkembangan jaman dan kebutuhan masyarakat.

b.    Mewujudkan suasana kampus yang mencerminkan nilia-nilai dan keteladanan Kristus untuk membangun iman, karakter dan hubungan antar sesama. 

c. Melaksanakan penelitian dan pengabdian pada masyarakat bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

d.     Membangun budaya wirausaha

e. Memberi peluang bagi masyarakat dengan akses pendidikan yang terbatas, termasuk masyarakat di daerah-daerah “Tertinggal, Terdepan, Terluar”, untuk menempuh pendidikan tinggi.

Tujuan dan Sasaran

a.     Tujuan

1.1. 1. Tersedianya pendidikan tinggi yang bermutu dan relevan dengan perkembangan jaman dan kebutuhan masyarakat yang dapat diakses oleh semua pihak. 
2. Terwujudnya civitas academica dan alumni yang kompeten di bidang ilmunya, kreatif, berwawasan luas dan mampu berwirausaha.
3. Terwujudnya komunitas UKRIM dan alumni yang bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa, kreatif dalam mengembangkan dan menerapkan iman, menghormati dan peduli pada sesama, memiliki integritas yang tinggi dan proaktif dalam membangun kesejahteraan masyarakat.
4. Dihasilkannya karya-karya universitas yang bermanfaat bagi masyarakat, perkembangan ilmu pengetahuan, pengembangan kampus. 
5.  Terwujudnya hubungan yang akrab dan peduli di antara komunitas UKRIM serta terwujudnya jaringan komunikasi dan kerjasama yang luas dan strategis antara universitas dengan alumni dan lembaga-lembaga di dalam dan luar negeri.

b.     Sasaran

Sasaran-sasaran yang direncanakan disusun berdasarkan masing-masing tujuan diuraikan sebagai berikut :

Tujuan 1 :       Tersedianya pendidikan tinggi yang bermutu dan relevan dengan perkembangan jaman dan kebutuhan masyarakat yang dapat diakses oleh semua pihak.

Sasaran  :

1)  Terselenggaranya proses pembelajaran yang berkualitas dan efektif.

2)   Tersedianya staff dosen yang kompeten dalam mengajar

3)  Terselenggaranya pendidikan tinggi yang up-to-date dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

4)  Terselenggaranya pendidikan tinggi yang dapat diakses oleh semua pihak.

5)    Ketersediaan sarana prasarana untuk menunjang proses pembelajaran yang berkualitas dan efektif.

Tujuan 2 :       Terwujudnya civitas academica dan alumni yang kompeten di bidang ilmunya, kreatif, berwawasan luas dan mampu berwirausaha.

Sasaran   :

6)   Terwujudnya staff dosen yang kompeten dalam bidang ilmu mereka dan senantiasa mengupayakan peningkatan kompetensi.

7) Terwujudnya mahasiswa yang dilengkapi dengan kompetensi di bidang ilmu masing-masing.

8)  Terwujudnya staff dosen yang bergairah, kreatif dan terampil dalam melaksanakan penelitian yang orisinil serta bermanfaat bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan kebutuhan masyarakat.

9)  Terbentuknya rasa ingin tahu (curiosity) dalam diri mahasiswa dan berkembangnya keterampilan mahasiswa dalam melakukan penelitian dan menulis hasil penelitian. 

10) Terwujudnya mahasiswa yang memiliki keterampilan berorganisasi, memimpin, bergaul secara lintas budaya, olahraga dan seni. 

11)  Terwujudnya keterampilan wirausaha dalam diri civitas academica

Tujuan 3 :     Terwujudnya komunitas UKRIM dan alumni yang bertaqwa padaTuhan Yang Maha Esa, kreatif dalam mengembangkan dan menerapkan iman, menghormati dan peduli pada sesama, memiliki integritas yang tinggi, sejahtera dan proaktif dalam membangun kesejahteraan masyarakat.

Sasaran   :

12) Tercapainya komunitas UKRIM yang bertaqwa pada Tuhan yang Maha Esa, kreatif dan dinamis dalam membangun dan menerapkan iman.

13) Tercapainya komunitas UKRIM yang menghormati dan peduli pada sesama serta proaktif dalam membangun kesejahteraan masyarakat.

14)  Terjadinya peningkatan kesejahteraan komunitas UKRIM

Tujuan 4 :     Dihasilkannya karya-karya universitas yang bermanfaat bagi masyarakat, perkembangan ilmu pengetahuan dan pengembangan kampus. 

Sasaran   :

15)  Terciptanya karya-karya UKRIM dan civitas academica UKRIM yang bermanfaat bagi masyarakat, perkembangan ilmu pengetahuan dan pengembangan kampus.

Tujuan 5 :      Terwujudnya hubungan yang akrab dan peduli di antara komunitas UKRIM serta terwujudnya jaringan komunikasi dan kerjasama yang luas dan strategis antara universitas dengan alumni dan lembaga-lembaga di dalam dan luar negeri.

Sasaran   :

16)  Terjalinnya hubungan yang akrab dan peduli di antara komunitas UKRIM

17)  Terjalinnya hubungan yang akrab dan strategis antara UKRIM dan alumni UKRIM

18) Terjalinnya hubungan kerjasama dengan lembaga-lembaga di dalam dan di luar negeri untuk menunjang program-program UKRIM

19)  Terjadinya hubungan yang akrab dan saling mendukung antara UKRIM dan masyarakat di sekitar kampus. 

Universitas Kristen Immanuel
Jl. Solo Km 11,1
Yogyakarta
(0274)496256.
humas@ukrimuniversity.ac.id