Universitas Kristen Immanuel
Yogyakarta
"Integrity & Creativity"
Lokasi UKRIM
International Exposure

Matthias: Rindu Menjadi Berkat

Posting : Rabu, 12/04/2017

Matthias Markwart (Mas Matthias), mahasiswa jurusan Systems and Energy Technology di South Westphalia University of Applied Sciences yang berada di Soest, Jerman, berada di kampus UKRIM untuk melaksanakan program magang dari bulan Febuari sampai dengan Juni 2016.  Program tersebut dimungkinkan oleh kerjasama antara UKRIM dan Program ChanceMent yang merupakan program dari Christian Services International, Jerman.

Selama berada di UKRIM, Mas Matthias mengembangkan sebuah model pengering untuk produk pertanian yang menggunakan panas matahari (solar drier).  Pengembangan model tersebut merupakan bagian dari tugas akhirnya yang bertemakan pengembangan alat pengering produk pertanian tenaga surya di negara-negara tropis.  Di bawah bimbingan Bapak Daniel Pianka, dosen tamu dari Jerman di Prodi Fisika UKRIM, Matthias merancang serta menguji efektifitas alat tersebut dalam mengeringkan padi yang baru saja dipanen.  Hasil-hasil pengukuran yang diperolehnya menjadi indikator untuk mengevaluasi efektifitas alat pengering tersebut.  Meskipun masih banyak perbaikan yang masih harus dilakukan, Matthias bersyukur bahwa hasil dari program magangnya di UKRIM adalah sesuatu yang di masa depan dapat benar-benar bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkannya.     

Kesannya tentang Indonesia? “Sangat beda dengan Jerman! Orangnya beda, makanannya beda, cuacanya beda dan lalu lintasnya beda.  Selain itu, di Indonesia selalu ada orang yang bersedia memberi pertolongan pada saat Anda membutuhkannya”.     Möge Gott Sie segnen, Matthias!

Universitas Kristen Immanuel
Jl. Solo Km 11,1
Yogyakarta
(0274)496256.
humas@ukrimuniversity.ac.id