Universitas Kristen Immanuel
Yogyakarta
"Integrity & Creativity"
Lokasi UKRIM
PUBLIKASI

MANAJEMEN BENCANA

Posting : Jumat, 03/02/2012

SINOPSIS

Bencana bisa datang secara tiba-tiba dan tidak bisa diprediksikan. Oleh karena itu, diperlukan sikap tanggap dan waspada terhadap bencana. Indonesia merupakan salah satu negeri yang rawan bencana, dari bencana tektonik maupun vulkanik. Belajar dari sejumlah bencana yang terjadi di Indonesia, sudah sepatutnya rnasyarakat dibekali pengetahuan dan pemahaman tentang bencana. Hal tersebut melibatkan seluruh lapisan rnasyarakat, dari pemerintah, LSM, hingga rnasyarakat itu sendiri.

Indonesia berada dalam keadaan yang paradoksal sebab Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah, tetapi alam Indonesia juga menyimpan potensi bencana yang cukup besar. Menurut catatan sejarah, diperkirakan pada :73.000 75.000 tahun yang lalu di Indonesia pernah terjadi peristiwa supervolcano sehingga mengakibatkan terbentuknya Danau Toba. Letusan Gunung Tambora pada 1815 pun mengakibatkan gagal panen di Eropa dan Afrika. Pada 26 Agustus 1883 Gunung Krakatau pun meletus dengan dibarengi tsunami dan korban pun mencapai 36.000 jiwa. Yang masih membekas dalam ingatan kita tentang bencana tsunami Aceh pada 2004 yang menelan korban ratusan ribujiwa. Dan masih banyak lagi bencana yang melanda Indonesia.

Respons terhadap bencana merupakan tema pokok sekaligus perhatian utama dalam pembahasan buku ini. Tahapan dalam menangani bencana merupakan hal yang juga di bahas dalam buku ini. Dengan manajemen bencana yang baik, maka diharapkan mampu tanggap dan lebih waspada terhadap bencana yang mengancam.

DETAIL BUKU :           

Judul                             : Manajemen Bencana

No. ISBN                       : 978-979-788-157-3

Penulis                          : Hadi Purnomo & Ronny Sugiantoro

Penerbit                        : Media Pressindo

Tanggal terbit                : 2010

Jumlah Halaman             : 120 hlm

Berat Buku                    : -

Jenis Cover                    : Soft Cover

Dimensi(L x P)               : 15 x 23 cm

Kategori                        : Social Problems & Service

Text Bahasa                  : Indonesia

Universitas Kristen Immanuel
Jl. Solo Km 11,1
Yogyakarta
(0274)496256.
humas@ukrimuniversity.ac.id